Jumat, 08 Januari 2010

penting kesehatan bagi kita

Kesehatan di tubuh kita itu sangat penting karna kalau tubuh kita tidak stabil sehat maka kita mengerjakan seseuatu akan terkendala maka dari itu kita harus menjaga tubuh kita
Verikut ini tips untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit walaupun harus begadang :
• Banyak mengonsumsi makanan begizi dan vitamin
• Mengurangi konsumsi karbohidrat, memperbanyak minum air putih
• Tidak merokok
Pasca begadang, rasa kantuk terkadang sulit ditahan. Untuk menghindari kantuk pasca begadang dr. Rini menyarankan agarmengganti jam tidur yang kurang. Di sisi lain ada pula orang yang mengalami gangguan tidur pasca begadang. Ada beberapa tips untuk memperoleh tidur yang berkualitas yaitu :
• Memperbaiki posisi tidur
Posisi tidur yang paling sempurna yaitu posisi dimana tubuh dapat menjadi rileks. Saat tidur, usahakan tubuh tidak melengkung karena posisi ini dapat mengganggu sirkulasi jantung dan darah.
Tidak tidur berbaring dengan posis telentang. Posisi ini kurang sehat karena menekan atau menyesakkan tulang punggung
Tidak tidur menghadap kiri. Posisi ini dapat mengganggu kesehatan karena menghimpit jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan mengurangi pasokan darah ke otak, jika ini terjadi kita akan mengalami mimpi-mimpi sedih memilukan, mimpi buruk/seram (nightmares) bahkan berjalan dalam keadaan tidur (somnabulisme).
Tidak tidur tengkurap atau menelungkup. Posis ini tidak praktis untuk pernapasan.
Posisi tidur terbaik menurut sains adalah pada sisi kanan tubuh (menghadap kekanan). Fakta ini telah diuji melalui riset medis modern yang panjang untuk membuktikan kebenaran ajaran Islam yang berkualitas wahyu, sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan kepada para pengikut beliau untuk tidur berbaring pada sisi badan bagian kanan.
Dalam posisi tidur diusahakan agar kepala menghadap ke Utara dan kaki mengarah ke Selatan, sehingga tubuh tidak menolak arus/medan magnet konstan mengaliri sekujur tubuh dari kutub magnetik Utara menuju ke Selatan dan ‘terhubung’ lancar ke sistem saraf kita.
• Mengarahkan perhatian pada hal-hal yang berhubungan dengan moral dan spiritual.

sumber:http://realitaanakkost.blogspot.com/2009/03/pentingya-kesehatan-bagi-tubuh-kita.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar